www.iktiologi-indonesia.org

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Pulau Gebe, bukan sekedar tambang nikel

pterois_volitans Pulau Gebe dikenal sebagai salah satu daerah tambang nikel terbesar yang pernah dikelola PT Antam (Persero) Tbk. yang terletak di sebelah tenggara Pulau Halmahera. Pulau ini masih menyimpan kandungan nikel yang besar, sehingga tidak mengherankan bila ahli-ahli geologi masih terus mencari daerah tambang baru. Sejak dulu, sektor pertambangan menjadi unggulan dalam penerimaan negara. Padahal masih ada sektor yang berpotensi di daerah ini, seperti sektor pariwisata dan sektor perikanan.



Sektor perikanan menyimpan potensi yang luar biasa; ikan karang, lamun, pelagis, dan demersal dapat dengan mudah dijumpai di sini. Kondisi ini membuat sektor ini memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Ikan karang dan lamun, seperti  ikan kakatua (Scarus sp.), kepe-kepe (Zanclus cornutus), dan kuniran (Upeneus vittatus) banyak ditemukan di terumbu karang dan padang lamun sekitar Pulau Gebe. Bahkan di bawah dermaga perikanan Kapaleo, beberapa jenis ikan karang dapat ditemukan seperti Pteoris volitans yang memiliki bentuk unik dengan warna menarik, begitu pula dengan ikan ekor kuning (Caesio caerulaurea) yang sedang mengintai mangsanya. Selain itu, ada juga ikan-ikan pelagis dan demersal dalam jumlah melimpah seperti Bobara (Caranx papuensis), Tuna (Thunnus alalunga), kulit pasir (Naso hexacanthus) dan kakap hitam (Macolor niger) yang dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi.

pantai_umeraSektor pariwisata khususnya wisata bahari dapat pula dijadikan andalan Pulau Gebe. Pantai dengan pasir putih dapat ditemukan di sini. Tebing-tebing bercadas di pinggir pantai menjadi panorama indah di pesisir Pulau Gebe. Belum lagi perairannya yang jernih, sehingga tampak jelas terumbu karang yang tersebar luas di tubir-tubir pantai dengan ikan-ikan yang bermain di sekitarnya. Padang lamun yang berjajar di zona pasang surut, menari indah mengikuti arus yang begitu kuat ditambah jejeran vegetasi mangrove yang tumbuh ke arah daratan. Sungguh gambaran ekosistem pesisir yang rumit dan unik. Daya tarik lain adalah kehadiran kawanan lumba-lumba yang pada waktu-waktu tertentu hilir mudik di perairan Gebe ditambah lagi dengan kehadiran ikan terbang yang senantiasa terbang rendah di atas permukaan air.

 


pulau_karang
Dua keunggulan di atas memang belum dikembangkan dengan optimal. Sektor perikanan belum berkembang karena sarana pendukungnya belum memadai. Begitu juga di sektor wisata, keindahan terumbu karang di Pulau Gebe memang masih jauh dari apa yang ada di Raja Ampat yang kebetulan juga bertentangga langsung dan berada di sebelah timur Pulau Gebe. Hal ini yang menyebabkan wisata penyelaman di Pulau Gebe tidak tersohor. Ada harapan untuk menghidupkan pulau ini setelah kegiatan tambang nikel resmi berakhir tahun 2005, menghidupkan dengan tidak lagi mengandalkan sektor pertambangan tetapi melalui perikanan dan wisata baharinya.

 

Ditulis oleh
Ahmad Zahid (Anggota MII NO. A.026)

 

You are here: What's New in 1.5? The News Pulau Gebe, bukan sekedar tambang nikel